Referat – Carpal Tunnel Syndrome/CTS (based on Journal)

Kondisi ini pertama kali dijelaskan oleh Paget pada tahun 1854, Carpal Tunnel Syndrome (CTS) tetap menjadi kondisi ‘membingungkan dan melumpuhkan’ yang umumnya dikeluhkan ke reumatologis dan dokter ortopedi. CTS adalah suatu neuropati kompresi, yang didefinisikan sebagai mononeuropati atau radikulopati yang disebabkan oleh distorsi mekanik yang dihasilkan oleh gaya tekan. Pedoman Klinis Diagnosis CTS menurut American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS) mendefinisikan CTS sebagai neuropati kompresi dari nervus medianus pada pergelangan tangan.

CTS adalah bentuk paling terkenal dan tersering dari jebakan nervus medianus, dan menyumbang 90% kasus dari semua neuropati jebakan. Neuropati jebakan adalah neuropati kompresif lokal kronis yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam struktur anatomi non-fleksibel. CTS adalah neuropati yang disebabkan oleh jebakan dari nervus medianus pada tingkat terowongan karpal (carpal tunnel), dibatasi oleh tulang karpal dan oleh ligamentum carpalis transversum. Bukti fisiologis menunjukkan peningkatan tekanan dalam terowongan karpal, dan karena itu pula terjadi penurunan fungsi nervus medianus pada area tersebut.

Bentuk lain dari neuropati jebakan nervus medianus yaitu sindrom pronator dan sindrom nervus interoseus anterior. Sindrom pronator didefinisikan sebagai kompresi nervus medianus di lengan bawah yang mengakibatkan perubahan sensorik dalam distribusi nervus medianus di tangan dan distribusi kulit palmar dan eminensia thenar. Sindrom nervus interoseus anterior ditandai dengan hilangnya sebagian atau seluruh fungsi motorik dari otot-otot yang dipersarafi oleh nervus interoseus anterior, yang merupakan cabang motorik dari nervus medianus di lengan bawah.

Pertanyaan dan Saran sangat di harapkan. SS BTK.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s